Sales Force Automation

SFA

Keuntungan Sales Force Automation

Apa Itu Sales Force Automation (SFA)?

Sales Force Automation (SFA) adalah software yang dirancang untuk sales management process, yang mana membantu sales untuk mengelola dan mengotomatisasi proses penjualan. Dalam melakukan penjualan, sales seringkali fokus pada pekerjaan yang berulang dan administratif. Proses administrasi tersebut tidak jarang menyita waktu yang cukup banyak. Seperti dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh BusinessWire, menyebutkan bahwa salesman benar-benar melakukan tugas selling hanya 37%, sedangkan 63% mereka mengerjakan tugas yang bersifat administratif atau tugas lainnya. Hal ini tentunya membuat kinerja sales kurang efisien dan kurang optimal sehingga berdampak pada pencapaian target penjualan dari perusahaan.

The-Components-of-SFA

Pemanfaatan teknologi dalam bisnis, utamanya penggunaan Sales Force Automation (SFA) dapat membantu mempercepat progres dalam bisnis Anda. Sales Force Automation (SFA) sendiri merupakan software yang cukup populer di dunia bisnis. Banyak sekali perusahaan yang menggunakan Sales Force Automation (SFA) dalam menjalankan bisnis mereka. Ini tidak lepas dari tujuan dirancangnya Sales Force Automation (SFA) yakni untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, efektivitas tim penjualan, membantu tugas-tugas tertentu agar transaksi penjualan pada perusahaan menjadi lebih sederhana, mudah dan cepat.

Sales Force Automation (SFA), sebagai tools yang berfokus pada operasional penjualan, membantu salesman dalam melakukan proses transaksi produk perusahaan kepada pelanggan. Tentu saja dalam sebuah transaksi penjualan, terdapat banyak data selama proses itu terjadi. Seperti jenis produk, jumlah produk, harga produk, data pelanggan, hingga dokumen-dokumen yang bersifat administratif. Dalam hal ini, Sales Force Automation (SFA) dapat membantu transaksi penjualan mulai dari ordering - delivering - hingga pembayaran secara aktual, efisien dan real time.

Software-Implementation-Example

Tidak hanya membantu sales dalam melakukan transaksi dengan pelanggan, Sales Force Automation (SFA) juga dapat membantu mengelola dan mengotomatisasi proses penjualan dalam bisnis Anda secara keseluruhan seperti analisa data pelanggan, analisa kepuasan pelanggan terhadap perusahaan, mencatat data kontak pelanggan, report automationsales performance management, dan lainnya. Sales Force Automation (SFA) merupakan alat yang sangat penting dalam kelangsungan bisnis perusahaan, melalui penggunaan Sales Force Automation (SFA) semua data digital transaksi penjualan, laporan data pelanggan, laporan penjualan, jadwal kunjungan ke pelanggan, data produk yg tersedia di perusahaan dapat diakses secara real time, kapan saja dan dimana saja bahkan hanya dengan menggunakan smartphone.

Penggunaan Sales Force Automation (SFA) dapat memangkas banyak waktu, tenaga juga biaya sehingga bisnis Anda akan menjadi lebih efisien dan lebih mudah untuk mengontrol secara digital. Penjualan akan lebih efektif, produktivitas tim sales akan meningkat, dan kualitas layanan perusahaan terhadap pelanggan akan tetap terjaga, sehingga perusahaan selalu bisa memenuhi harapan para pelanggan dengan lebih baik. 

Lantas apa saja keuntungan jika perusahaan Anda menggunakan Sales Force Automation (SFA)? 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Sales Force Automation (SFA) sebagai software yang dirancang khusus untuk mengelola dan mengotomatisasi proses penjualan. Berikut terdapat beberapa keuntungan bagi perkembangan bisnis Anda jika menggunakan Sales Force Automation (SFA) : 

Keuntungan-Sales-Force-Automation
  1. Efisiensi Operasional lebih Meningkat
    Sesuai dengan tujuan dari dirancangnya Sales Force Automation (SFA), yakni meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, khususnya tim sales. Sales Force Automation (SFA) mengambil alih tugas-tugas administratif yang sebelumnya dilakukan secara manual, seperti mencatat data penjualan, mengelola data pelanggan, informasi kontak pelanggan, jadwal kunjungan, data kepuasan pelanggan dan semua data yang berkaitan dengan pelanggan dapat disimpan, diakses dan dilacak dengan real time dan mudah.
     
  2. Meningkatkan Produktivitas Salesman
    Dengan Sales Force Automation (SFA), salesman dapat mengakses informasi penting seperti jadwal pertemuan dengan pelanggan, catatan komunikasi, riwayat transaksi, informasi kontak pelanggan secara cepat dan tepat, dengan tujuan memberi pelayanan yang lebih personal, menjalin relasi yang lebih baik dan efektif dengan pelanggan. Selain itu, Sales Force Automation (SFA) dapat melacak dan memantau kinerja dan aktivitas salesman secara akurat, mencatat kunjungan serta feedback dari pelanggan. Sales Force Automation (SFA) menyediakan alat analisis yang kuat untuk melacak kinerja penjualan, tren penjualan, dan prediksi penjualan di masa depan. Hal ini membantu salesman dan manajemen perusahaan dalam membuat keputusan yang tepat dan akurat berbasis data.
     
  3. Manajemen Sales Lead yang Tepat dan Efektif
    Ketepatan membaca peluang sangatlah penting bagi  perkembangan bisnis Anda. Dengan menggunakan Sales Force Automation (SFA) dapat membantu dalam melihat dan menelusuri prospek dari awal terjadinya transaksi penjualan hingga menutup penjualan agar tidak ada peluang yang terlewatkan serta peluang mana yang lebih menjanjikan. Sales Force Automation (SFA) juga dapat membantu mengotomatisasi prospek sales lead secara efektif yang tentunya sangat penting bagi proses penjualan di masa depan. 
     
  4. Informasi Berbasis Data Penjualan yang Lebih Baik
    Dalam perkembangannya, perusahaan membutuhkan alat analisis yang akurat dan tepat untuk menganalisa dan memantau kinerja penjualan, mengidentifikasi tren, memahami preferensi/kecenderungan pelanggan, sehingga dapat memudahkan para stakeholder dalam mengambil keputusan yang berbasis data. Sales Force Automation (SFA) juga menyediakan data real time yang dapat digunakan para stakeholder dalam membuat keputusan strategis, memungkinkan manajer dalam menentukan strategi penjualan sesuai dengan permintaan pasar saat ini.
     
  5. Efisiensi Koordinasi Antar Divisi
    Banyaknya divisi yang saling berkaitan dalam proses penjualan terkadang membuat koordinasi satu divisi dan lainnya terdapat kendala atau masalah yang dapat merugikan perusahaan. Sales Force Automation (SFA) dapat membantu koordinasi, kolaborasi dan komunikasi antar divisi tersebut. Antar divisi dapat berbagi informasi real time, membuat catatan penting dalam mencapai target yang ditetapkan manajemen perusahaan. Sales Force Automation (SFA) dapat terintegrasi dengan sistem lainnya seperti sistem inventory/warehouse, sistem finance, sistem manajemen hubungan pelanggan, dimana  adanya notifikasi kepada divisi warehouse dan finance jika terjadi transaksi penjualan dari sales, yang memungkinkan penjualan dan divisi lain saling terkait dan bekerja lebih efisien bersama-sama.
     
  6. Kepuasan Pelanggan Meningkat
    Dengan optimalnya proses penjualan serta pelayanan yang lebih baik terhadap pelanggan, Sales Force Automation (SFA) dapat menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi. Dengan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi memungkinkan pelanggan untuk repeat order (kembali melakukan transaksi penjualan) bahkan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. Ini tentunya sangat baik dalam perkembangan bisnis Anda, karena semakin banyak pelanggan, maka omzet penjualan juga akan meningkat.
     
  7. Monitoring Kinerja Individu
    Banyaknya jumlah sales dalam perusahaan, terkadang membuat supervisor sulit untuk melakukan kontrol dan melakukan monitoring kerja masing-masing individu. Dengan menggunakan Sales Force Automation (SFA) memungkinkan perusahaan untuk memantau kerja masing-masing individu dalam tim sales. Hal ini dapat memberikan informasi bagi supervisor/manajer untuk memberikan reward dan punishment bagi salesman, memberikan feedback serta dukungan yang tepat kepada seluruh anggota tim. Sales Force Automation (SFA) digunakan untuk memberikan target penjualan, memantau aktivitas sales di lapangan dan mengevaluasi Key Performance Indicator (KPI) masing-masing sales.
     
  8. Efisiensi Waktu Penyajian Laporan
    Dengan terkoordinasinya data antar divisi, data terkait penjualan yang real time, akan dapat memangkas banyak waktu yang dibutuhkan manajer untuk membuat laporan harian, bulanan bahkan tahunan. Sales Force Automation (SFA) juga menyediakan alat analisis yang kuat untuk memberikan laporan/report, meng-otomatisasi dokumen/quotation, yang dapat membantu manajemen perusahaan membuat keputusan berdasarkan data yang tepat dan akurat untuk masa depan bisnis mereka.
laptop-3196481_1280

Image by aymane jdidi from Pixabay

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan bagi perusahaan Anda jika menggunakan Sales Force Automation (SFA). Seperti tujuan utamanya, Sales Force Automation (SFA) digunakan untuk mengelola tugas dari divisi sales dan juga divisi lain yang berkaitan dengan proses penjualan. Dengan memanfaatkan Sales Force Automation (SFA), perusahaan Anda dapat memaksimalkan produktivitas tim penjualan dan mengoptimalkan proses penjualan secara menyeluruh.

Mari tingkatkan produktivitas sales! Anda dapat memantau dan melacak semua proses penjualan secara real time, cepat dan akurat, sehingga performa bisnis Anda akan semakin meningkat. Selain itu, meningkatkan relasi yang lebih personal yang mencakup seluruh hubungan pelanggan dengan bisnis, akan membantu meningkatkan loyalitas pelanggan. Tentu saja penggunaan software Sales Force Automation (SFA) yang tepat adalah kuncinya. CRM Field Service (CFS) by BTS.id adalah pilihan software terbaik bagi masa depan perusahaan Anda. 

Jadi tunggu apa lagi? Jika Anda ingin mengetahui lebih mendalam dan semua informasi mengenai Sales Force Automation (SFA) dan CRM Field Service (CFS) dapat anda dapatkan di BTS.id sebagai vendor IT terpercaya di Indonesia. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami untuk semua permasalahan dan kebutuhan software di perusahaan Anda. Segera hubungi kami BTS.id your business partner.