skip to Main Content
Software ERP Untuk Bisnis Konstruksi

Software ERP untuk Bisnis Konstruksi

Header Photo by Saad Salim on Unsplash

Software ERP atau Enterprise Resource Planning sudah banyak dikenal karena manfaatnya meningkatkan efisiensi perusahaan dari berbagai bidang bisnis. Tak terkecuali bisnis konstruksi. Dengan banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan secara bersamaan, bisnis konstruksi membutuhkan suatu sistem yang terintegrasi penuh untuk mempermudah perusahaan dalam menjalankan operasional.

Lebih dari sekedar perangkat untuk membantu perusahaan menjalankan aktivitas operasional harian, software kontraktor dengan sistem ERP bisa membantu Anda menjalankan semua aspek operasional bisnis. Mulai dari manajemen proyek hingga manajemen tenaga kerja; juga manajemen material dan manajemen keuangan.

Beberapa keuntungan software ERP untuk bisnis konstruksi, antara lain:

Data Direkam Secara Lebih Efektif dan Akurat Dengan Menggunakan Software Kontraktor

Bukan rahasia lagi bahwa bisnis konstruksi berurusan dengan banyak data. Sifat pekerjaan yang membutuhkan tingkat akurasi tinggi, ditambah dengan lokasi proyek yang berjauhan dengan kantor pusat, menuntut data dikelola secara cermat dan detail. Ketidaksesuaian data pada proyek konstruksi bisa mengakibatkan kegagalan yang berujung pada kerugian, yang akhirnya memberi dampak buruk bagi reputasi perusahaan.

Dengan bantuan software ERP, data dapat dikelola secara akurat dan terorganisir. Sistem yang berjalan secara otomatis dan terpusat akan mempermudah pertukaran informasi antar divisi tanpa perlu memindahkan data secara fisik, sehingga menghemat banyak waktu dan biaya. Data juga bisa dengan mudah dicari jika sewaktu-waktu dibutuhkan, dan perkembangan yang terjadi di lapangan bisa langsung terupdate sehingga proyek bisa dipantau secara real-time.

Membantu Analisis dan Perencanaan

Sebuah proyek konstruksi membutuhkan analisis dan perencanaan yang tepat. Selain reputasi dan rekam jejak perusahaan, detail perencanaan proyek dan budget yang diajukan juga menjadi pertimbangan klien saat memilih vendor. Perencanaan yang matang biasanya berawal dari data dan analisis, dan di sinilah software ERP mengambil peran. Analisis kemungkinan dari segala sisi dan dari proyek yang dilakukan sebelumnya, dapat menjadi dasar bagi Construction Manager dalam merencanakan detail proyek seperti alokasi bahan baku, pengaturan tenaga kerja, hingga pengaturan jadwal.

Sistem ERP yang mengupdate data secara real-time memungkinkan kontraktor membuat rancangan proyek berdasarkan data terbaru di lapangan. Hasil analisis inilah yang nantinya bisa digunakan Construction Manager, Project Manager, bahkan Site Manager untuk mengambil keputusan-keputusan terkait proyek yang sedang dikerjakan.

Selain itu, software ERP juga bisa mempermudah analisis dan perencanaan finansial. Semua pemasukan dan pengeluaran selama proyek berlangsung bisa diprediksi dengan apik, sehingga meminimalisir pengeluaran tak penting yang dapat melambungkan budget pengerjaan proyek.

Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Proyek

Setelah perencanaan, tantangan selanjutnya dari sebuah proyek adalah pengelolaan. Jalur kordinasi yang mencakup pendelegasian tugas dan pelaporan dapat dipermudah dengan bantuan software ERP. Project manager bisa mengatur jalannya proyek dan berkomunikasi dengan berbagai divisi terkait melalui dashboard.

Fitur-fitur pendamping seperti reporting, time tracking, dan statistic tools juga dapat menyederhanakan tugas Project Manager dalam mengalokasi sumber daya yang efisien untuk suatu proyek.

Mempermudah Laporan Keuangan Dengan Modul Akuntansi

Sistem yang modular memungkinkan software ERP kontraktor untuk menjalankan fungsi akuntansi. Proyek konstruksi dan pengaturan finansial bak dua hal yang tak terpisahkan. Gaji karyawan, biaya membeli bahan baku, hingga perencanaan budget untuk klien. Seringnya, menang kalahnya suatu perusahaan dalam tender ditentukan oleh budget proyek yang diajukan. Semakin efisien budget, semakin baik.

Fungsi akuntansi dalam software ERP, dalam hal ini, dapat membantu kontraktor untuk menyusun budget dengan cepat dan efisien sehingga selisih dan penyimpangan budget dengan real cost bisa diperkecil. Nantinya, project manager juga bisa memantau pengeluaran selama proyek dengan mudah melalui mobile device tanpa perlu hadir di lapangan.

Fitur yang tak kalah penting adalah invoicing. Dengan software ERP, invoice untuk supplier bahan baku dan klien dapat dibuat dan ditagihkan dengan cepat dan otomatis sehingga keterlambatan penagihan dan pembayaran yang akan berpengaruh pada penggajian karyawan dapat dihindari.

Komunikasi yang Lebih Efektif

Banyaknya orang yang terlibat dari mulai klien, supplier, pegawai administrasi perusahaan, hingga tenaga kerja on-site purna waktu membuat jalur komunikasi dalam sebuah proyek terasa rumit dan membingungkan. Ditambah lagi jika perusahaan harus meng-handle lebih dari satu proyek dan klien di waktu bersamaan, kemungkinan miskomunikasi dan lambatnya informasi masuk semakin besar dan beresiko menghambat jalannya proyek.

Dengan sistem ERP yang terintegrasi dengan semua modul, jalur komunikasi dapat diatur sesuai kepentingan, topik, dan kelompok partisipan. Userdapat berdiskusi secara grup maupun pribadi, sekaligus memantau percakapan yang terjadi di semua channel melalui newsfeed.


Teknologi pada dasarnya hadir untuk mempermudah pekerjaan manusia. Hal inilah yang semestinya dimanfaatkan pelaku bisnis konstruksi untuk memaksimalkan keuntungan.

Di bisnis konstruksi yang menuntut perhitungan dan kecermatan ekstra, kesalahan sekecil apa pun bisa berujung pada kerugian, sehingga penting bagi perusahaan untuk menerapkan suatu sistem yang bisa mengeliminasi kesalahan dan human error yang biasanya muncul pada pengerjaan secara manual. Menerapkan suatu sistem terutama yang lengkap seperti software ERP memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tapi keuntungan jangka panjang yang dirasakan perusahaan pun akan sepadan.

Bagaimanapun, teknologi yang baik adalah yang paling menjawab kebutuhan. Karena itulah, sebelum menerapkannya pada perusahaan, pemilik bisnis sebaiknya berkonsultasi pada vendor penyedia jasa layanan IT mengenai sistem yang tepat untuk masalah dan kebutuhan yang sedang dihadapi perusahaan.

Untuk konsultasi mengenai solusi bisnis terbaik bagi bisnis Anda,

Contact us:

Telp : (+62 22) 6614726
Email : info@bts.id

error: Content is protected !!
Back To Top