skip to Main Content
Software ERP Indonesia: Mengapa Anda Membutuhkannya?

Software ERP Indonesia: Mengapa Anda Membutuhkannya?

Software ERP Indonesia dari bts.id adalah suatu software yang sedang populer di kalangan para pebisnis karena kemampuannya meningkatkan efisiensi perusahaan. ERP merupakan singkatan Enterprise Resource Planning, yang cukup menjelaskan fungsi software ini yaitu untuk mengelola sumber daya di suatu perusahaan. Sumber daya yang dikelola oleh software ini di antaranya: uang, material, aset, pegawai, dsb. Untuk penjelasan lengkap mengenai software ERP, Anda bisa membacanya di artikel kami mengenai software ERP sebagai solusi bisnis di masa depan.

Artikel terkait: Software ERP untuk Solusi Bisnis di Masa Depan.

Siapa Saja Yang Membutuhkan Software Ini?

Dalam mengembangkan perusahaan, pemilik bisnis harus senantiasa mengikuti perkembangan tren. Hanya saja, jika tren saat ini adalah software ERP, Anda tidak boleh gegabah dengan membeli software ERP hanya demi mengikuti tren. Dengan harga yang tidak murah dan proses integrasi yang tidak sebentar, implementasi software ERP harus berlandaskan pertimbangan akan banyak aspek di perusahaan, terutama kebutuhan.

Apakah perusahaan Anda membutuhkan software ERP?

Sebelum memutuskan untuk mengaplikasikan teknologi ini ke dalam bisnis Anda, ada baiknya Anda mengkaji beberapa hal di bawah ini.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah software yang perusahaan Anda gunakan selama ini. Apakah sudah tua dan ketinggalan zaman? Apa semua software terintegrasi satu sama lain? Sistem yang baru dan terkoneksi seperti software ERP, selain bekerja dengan lebih cepat, juga akan mempermudah pertukaran informasi dan kolaborasi antar divisi di perusahaan.

Kedua, apakah Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengakses informasi perusahaan? Informasi yang dikelola oleh software yang berbeda tentu harus diakses secara terpisah pula. Hal ini akan menyulitkan jika Anda harus mengambil keputusan secara mendadak. Dengan sistem ERP, Anda bisa mengekstrak informasi dari beberapa divisi sekaligus bahkan saat Anda di luar kantor, sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan cepat dan akurat sesuai kondisi real perusahaan.

Hal ketiga yang yang tak kalah penting: Apa Anda menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pengecekan? Pengecekan yang dimaksud di sini bukan soal inventaris barang saja, tetapi juga informasi yang terkait dengan sumber daya manusia di perusahaan. Pengecekan aset secara berkala tanpa sistem yang terintegrasi dengan baik memakan banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Dampak dari Sistem yang Tidak Terintegrasi dengan Baik

Di zaman yang serba cepat seperti sekarang, sistem yang tidak praktis dan menyeluruh bisa berujung pada kerugian. Terutama dalam jangka panjang. Semakin besar lingkup perusahaan, rasanya semakin besar pula kebutuhan perusahaan akan sistem ERP. Terlebih lagi jika perusahaan Anda memiliki cabang-cabang yang tersebar di banyak kota, prosedur yang lambat dan rumit terutama dalam pertukaran informasi tentu akan menghambat jalannya operasional perusahaan.

Dengan sistem yang terintegrasi, tidak hanya komunikasi antar divisi, tapi juga antar cabang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal-hal seperti delegasi tugas, pelaporan progress, dan masalah yang timbul di lapangan juga bisa disampaikan dengan lebih cepat dan akurat. Kelebihan lain dari software ERP adalah adanya fitur mobile yang memungkinkan user mengakses data melalui perangkat genggam bahkan saat di luar kantor.

Kinerja Tim Juga Akan Terpengaruh

Dampak utama dari sistem yang rumit adalah menurunnya efektifitas kerja. Jika saat ini pegawai Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk suatu pekerjaan yang sebenarnya bisa dilakukan secara otomatis, mungkin sudah saatnya Anda mengadopsi sistem ERP.

Sistem yang bekerja secara otomatis akan menyederhanakan proses-proses rumit dan membuat pekerjaan dilakukan dengan lebih cepat. Jika efektivitas dan efisiensi sudah bisa dicapai, bukan tidak mungkin bahwa ROI atau Return of Investment bisa didapat dengan lebih cepat.

software erp indonesia
Photo by Alvaro Reyes on Unsplash

Contoh Penggunaan Software ERP

Software ERP dapat digunakan oleh perusahaan dalam konteks yang sangat luas. Dalam perkembangannya, program ini dapat merangkum tidak hanya proses operasional saja, tapi juga fungsi front office seperti CRM atau Customer Relationship Management, sales atau penjualan, marketing, dan e-commerce.

Beberapa contoh penggunaan software ERP untuk operasional perusahaan:

– Perencanaan produk;

– Pembelian bahan;

– Kontrol inventaris;

– Pendistribusian produk;

Sales atau penjualan;

– Otomatisasi marketing;

– Manajemen keuangan;

– Akunting;

– Pengelolaan Sumber Daya Manusia;

– Manajemen proyek.

Semua fungsi di atas menjadi mungkin untuk dikerjakan oleh satu software saja karena karakteristik software ERP yang modular; yang berarti software ini dibangun dari modul-modul berbeda yang menjalankan fungsi masing-masing, namun terintegrasi satu sama lain. Bentuk modular ini akan sangat berguna terutama bagi bisnis dengan banyak proses yang saling berkaitan, seperti misalnya bisnis manufaktur.

Contoh kasusnya, proses produksi pada sebuah pabrik yang terdiri dari pembelian bahan baku, perencanaan produk, dan pendistribusian hasil produksi. Untuk pembelian bahan baku, modul Purchase atau Pembelian bisa membantu perusahaan mengontrol alur pembelian. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat pembelian seperti kontak vendor, daftar harga barang, purchase order, hingga statistik dan analisis pembelian terdahulu bisa dengan mudah direkam dan diterbitkan oleh sistem. Dengan ini, pembelian bisa dilakukan secara lebih terencana.

Setelah pembelian barang, selanjutnya adalah perencanaan produk. Dengan modul MRP atau Manufacturing Resource Planning, misalnya, proses produksi dapat dijadwalkan dan dikelola secara otomatis. Detail pengerjaan seperti worksheet, time tracking, dan quality control bisa direkam dan diterjemahkan dalam bentuk grafik secara apik, sehingga tahapan demi tahapan produksi bisa dipantau secara real-time.

Setelah semua produk selesai diproduksi, proses selanjutnya adalah pendistribusian, yaitu proses menyalurkan barang ke konsumen. Modul yang bisa dipakai untuk proses ini adalah modul Sales atau penjualan. Dengan modul ini, data-data terkait pendistribusian seperti jenis barang, jumlah produk yang akan didistribusikan, hingga pihak yang menjadi tujuan dan lain sebagainya bisa dikelola dengan baik sehingga meminimalisir kesalahan.

Artikel terkait: Software Manufaktur dan Manfaatnya.

Dari contoh di atas saja, bisa Anda bayangkan rumitnya proses operasional yang harus dijalani perusahaan setiap harinya. Proses yang berkaitan satu sama lain tadi bisa menjadi hambatan jika tidak didukung oleh sistem yang terintegrasi dengan baik.

Keuntungan Menggunakan Software ERP Indonesia

Keuntungan untuk Business Owner

Business owner atau pemilik bisnis tentu akan jadi pihak yang paling diuntungkan dari implementasi software ERP pada perusahaan. Anda mungkin masih ingat fungsi utama dari software ini, yaitu untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Software ERP yang tepat tidak hanya akan meningkatkan efisiensi perusahaan Anda, namun juga membantu meningkatkan ROI atau Return of Investment secara signifikan.

Tidak hanya itu, sistem yang terintegrasi bisa membantu pemilik bisnis mengontrol dan mengawasi semua aspek bisnis perusahaan melalui satu software; hal yang mungkin sulit dilakukan tanpa sistem yang memadai, apalagi oleh perusahaan besar dengan banyak cabang yang tersebar di banyak tempat. Cukup membuka aplikasi ERP melalui komputer atau perangkat genggam pribadi, semua informasi bisa didapatkan tanpa harus menunggu laporan berkala dari setiap cabang.

Kemudahan-kemudahan di atas bisa Anda sebagai pemilik bisnis manfaatkan untuk banyak hal. Misalnya, Anda bisa mengidentifikasi dan menangani masalah dengan lebih cepat sehingga resiko dan kerugian dapat diminimalisir.

Di zaman yang serba cepat seperti sekarang, Anda juga harus bergerak cepat untuk bisa menangkap setiap kesempatan yang datang. Anda bisa menggunakan data, informasi, statistik, dan grafik yang disediakan software ERP untuk keperluan presentasi saat tender proyek.

Keuntungan untuk Anggota Tim

Tidak hanya pemilik bisnis, software ERP juga memberi keuntungan bagi anggota tim. Otomatisasi pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual sudah pasti akan mengurangi beban kerja pegawai. Sistem yang mengelola sebagian besar fungsi perusahaan akan membuat banyak hal dikerjakan dengan lebih efisien, sehingga pegawai bisa mengalokasikan waktu dan tenaga mereka untuk mengerjakan hal lain.

Implementasi software ini juga bisa mendorong anggota tim untuk berkembang. Saat mereka memiliki waktu, energi, dan informasi ekstra, mereka akan punya kesempatan dan resource untuk mengembangkan diri. Bukan tidak mungkin perkembangan ini akan memicu ide-ide baru yang bisa jadi membawa perubahan besar bagi perusahaan.

Selain itu, sistem yang terintegrasi bisa memfasilitasi anggota tim untuk berkolaborasi baik secara internal maupun lintas divisi. Dengan adanya sistem komunikasi terpadu dan sumber data tunggal yang terpusat, kesalahan dan human error bisa diminimalisir, dan kerjasama antar tim dapat dilakukan dengan lebih cepat, efektif, dan efisien.

Setelah menganalisis kebutuhan perusahaan dan menyadari keuntungan-keuntungan yang bisa didatangkan software ERP Indonesia ke perusahaan Anda, langkah selanjutnya adalah memilih Software House Indonesia terpercaya yang bisa membantu Anda mewujudkan sistem yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Rencanakan solusi digital terbaik untuk perusahaan Anda bersama BTS.id (Bridge Technology Services). Contact us:

Telp : (+62 22) 6614726
Email : info@bts.id

error: Content is protected !!
Back To Top