BTS.id
software akuntansi

Software Akuntansi Untuk Perusahaan yang Lebih Efisien

Software Akuntansi Untuk Perusahaan yang Lebih Efisien

Software Akuntansi – Teknologi di zaman modern saat ini menghadirkan begitu banyak inovasi, terutama program komputer untuk mempermudah pengguna atau user dalam mengerjakan atau menjalankan pekerjaan sehari-hari, baik dalam bermasyarakat maupun dalam lingkungan pekerjaan, seperti perusahaan. Di perusahaan, khususnya, akuntansi menjadi suatu hal yang krusial.

Datang dari sebuah konsep akan efisiensi, software akuntansi hadir sebagai jawaban untuk mempermudah serta mempercepat pembuatan laporan keuangan, neraca, laba, rugi, dan berbagai macam laporan keuangan lain yang dibutuhkan suatu perusahaan.

Dengan software akuntansi, pemilik perusahaan dapat mengatur keuangan perusahaan secara lebih fleksibel, efektif, dan efisien.

Software akuntansi saat ini telah dirancang khusus untuk menjalankan perhitungan dan membuat laporan keuangan perusahaan, serta dilengkapi fitur integrasi secara online yang dapat mempermudah pemangku otoritas tertentu mengecek laporan keuangan di berbagai divisi di perusahaan. Dengan fitur ini, human error yang biasa timbul dari pencatatan keuangan secara manual seperti kesalahan pencatatan dan ketidaksesuaian laporan keuangan di tiap divisi dapat diminimalisir dengan software akuntansi.

Software akuntansi juga memiliki banyak benefit lain untuk perusahaan Anda:

1. Kemudahan dalam Menyusun Laporan Keuangan

Menyusun laporan keuangan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apalagi jika pengerjaannya dilakukan secara manual. Mendata pemasukan dan pengeluaran sebuah perusahaan secara mendetail tentu akan menyita banyak waktu, dan tanpa dibarengi tools yang mendukung, banyaknya waktu yang terpakai bisa berakibat pada menurunnya efisiensi perusahaan.

Dengan software akuntansi, pemilik perusahaan dapat melakukan pekerjaan akunting secara lebih efektif. Pengguna atau user juga bisa mengecek detail keuangan perusahaan secara real-time dan berkala, sehingga kekurangan dalam laporan keuangan bisa dipantau dan diperbaiki dengan cepat, dan keputusan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan juga dapat diambil secara lebih mudah.

2. Laporan Terintegrasi Secara Online

Integrasi secara online memungkinkan Anda mengecek laporan keuangan yang telah di-input ke dalam sistem dengan mudah. Laporan dapat diakses secara real-time melalui device pribadi, sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor hanya untuk mengecek laporan keuangan perusahaan. Cukup bermodal Wi-Fi yang kini available bahkan di tempat umum, pemantauan laporan keuangan lebih praktis dengan software akuntansi.

3. Meminimalisir Kesalahan Hitung

Perhitungan laporan keuangan seperti neraca, laba, rugi, dan lain sebagainya tentu memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Hal ini penting guna meminimalisir kesalahan dan menjaga keseimbangan kas perusahaan Anda.

Dengan software akuntansi, sistem yang menghitung secara otomatis akan meningkatkan akurasi dan meminimalisir kesalahan perhitungan.

4. Terintegrasi Secara Online dengan Divisi Lain

Ketika berbagai divisi dari penjualan, shipping, gudang, maupun purchasing ingin menambahkan atau mengecek laporan keuangan, pekerjaan ini bisa dilakukan secara remote dari lokasi masing-masing divisi dan data akan otomatis terintegrasi secara terpusat. Software akuntansi menjadi semakin penting terutama jika perusahaan Anda memiliki lingkup kantor yang besar, karena data keuangan dapat dilaporkan secara lebih efisien.

Hasil laporan dapat dijadikan referensi yang ideal untuk pengambilan keputusan karena data dilaporkan secara real-time melalui sistem komputasi yang tercatat dan terpercaya.

 

5. Efisiensi Waktu dan Biaya

Sistem yang berjalan secara otomatis dapat menghemat waktu pengerjaan, dan efisiensi waktu dapat berimbas pula pada efisiensi biaya yang dikeluarkan.

Pegawai dengan kewenangan dapat memantau aktivitas divisi lain lewat laporan keuangan yang di-input secara berkala. Dokumen seperti faktur penjualan pun bisa langsung dicetak setelah meng-input data tagihan sehingga terlewatnya penagihan pada pelanggan bisa dihindari. Dengan demikian, hal-hal yang menyita banyak waktu dari pekerjaan mengecek dan membuat laporan keuangan suatu perusahaan pun bisa diminimalisir.

6. Mudahnya Menerbitkan Bukti Pengeluaran

Dengan software akuntansi, bukti pengeluaran perusahaan bisa langsung dicetak dan ditandatangani dalam bentuk print out oleh pemberi dan penerima dana perusahaan. Bukti transaksi ini penting apabila nantinya perusahaan Anda diaudit oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan.

7. Hutang dan Piutang

Hutang dan piutang perusahaan, termasuk jangka waktu dan batas pembayarannya, bisa dipantau secara berkala melalui sistem. Anda bisa mengatur kapan harus membayar utang kepada supplier dan kapan akan menerima piutang dari pelanggan.

8. Manajemen Aset

Manajemen aset tetap tidak bisa lepas dari software akuntansi. Dengan bantuan software, Anda tidak lagi membutuhkan daftar harta tetap untuk menghitung aset yang Anda punya dan menghitung penyusutannya menggunakan spread sheet untuk nantinya disusun lagi ke jurnal penyusutan.

Laporan manajemen aset tidak harus melulu soal angka yang terkadang justru membuat pusing kepala. Laporan analisis bisnis bisa juga dalam bentuk grafik informatif yang memudahkan pengguna dalam mengambil keputusan yang tepat dalam manajemen aset bisnis.

9. Analisis Proyek

Jika perusahaan Anda bergerak dalam bidang jasa, software akuntansi memiliki fasilitas analisis proyek yang bisa Anda gunakan untuk menaksir keuntungan dalam suatu proyek; berapa biaya yang dibutuhkan, dan estimasi pemasukan yang akan didapatkan dalam proyek tersebut. Data perkiraan itu lah yang dapat digunakan untuk melakukan penawaran pada konsumen atau pemilik proyek nantinya.

Software akuntansi akan sangat berguna karena dalam tender, karena selisih nominal sekecil apapun dengan penawaran dari perusahaan lain bisa sangat berpengaruh. Seringkali, perusahaan dengan nominal proyek terendah lah yang menang dan software akuntansi dapat membantu Anda menganalisis prosentase nominal proyek yang bisa Anda tawarkan dalam tender.

10. Analisis Biaya Stock Opname

Jika perusahaan Anda merupakan perusahaan dagang; baik online seperti marketplace atau e-commerce maupun offline, software akuntansi bisa membantu Anda melakukan banyak pekerjaan seperti menganalisis produk yang paling laku terjual, menghitung sisa stok di gudang, membuat perkiraan kapan harus mengisi stok yang kosong dengan melakukan pembelian kepada supplier, serta menghitung keuntungan yang didapat dari semua barang yang terjual.

Bagi perusahaan garmen ataupun pabrikasi, analisis untuk menghasilkan estimasi biaya produksi ideal bisa semakin mudah dilakukan dengan software akuntansi. Anda bisa dengan mudah mengetahui barang apa saja yang sudah mendekati stok minimum, dan menentukan skala produksi untuk melakukan restock. Selain itu, Anda juga bisa menentukan barang apa saja yang layak untuk diproduksi, menghitung total barang pokok produksi yang menambah biaya bahan baku serta biaya-biaya overhead lainnya.

Software Akuntansi adalah salah satu produk Bridgetech Service. Banyak clients telah menggunakan jasa kami yang bisa Anda cek melalui portfolio kami. Anda bisa menghubungi kami melalui:

Telp : (+62 22) 6614726
Email : info@bts.id

Software ERP untuk Bisnis Konstruksi

Software Akuntansi Untuk Perusahaan yang Lebih Efisien Software Akuntansi – Teknologi di zaman modern saat ini menghadirkan begitu banyak inovasi, terutama program komputer untuk mempermudah pengguna atau user dalam mengerjakan atau menjalankan pekerjaan sehari-hari, baik dalam bermasyarakat maupun dalam lingkungan pekerjaan, seperti perusahaan. Di perusahaan, khususnya, akuntansi menjadi suatu hal yang krusial. Datang dari sebuah …