skip to Main Content
Sebelum Melakukan Integrasi Sistem Part. 3: Tahapan Proses Integrasi Sistem

Sebelum melakukan Integrasi Sistem Part. 3: Tahapan Proses Integrasi Sistem

Saat mengintegrasikan sistem di perusahaan Anda, salah satu faktor terpenting yang menentukan kesuksesan integrasi sistem adalah System Integrator yang menjadi partner Anda.

Setelah mengetahui apa itu Integrasi Sistem, mengapa Anda sebaiknya mengintegrasi sistem di perusahaan Anda, dan berbagai metode Integrasi Sistem, kini, kita akan membahas mengenai bagaimana System Integrator bekerja mengintegrasi sistem Anda.

 

System Integrator

Tahapan Proses Integrasi Sistem

Integrasi sistem adalah pekerjaan yang rumit, karena itulah penting untuk memilih system integrator terpercaya yang bisa membantu Anda dengan layanan integrasi yang menyeluruh, dari koneksi point-to-point yang sederhana hingga integrasi many-to-many yang rumit baik secara internal maupun dengan pihak ketiga.

Untuk menyelesaikan permasalahan Anda, system integrator biasanya akan mendesain, mengimplementasi, dan mengetes solusi integrasi dalam 7 tahap yang sama pentingnya, antara lain:

1. Pengumpulan Kebutuhan dan Spesifikasi

Di tahap pertama ini, Anda harus berbagi tujuan yang ingin Anda capai dengan mengintegrasikan sistem Anda. System integrator harus benar-benar mengetahui sistem seperti apa yang tim Anda inginkan, agar nantinya dapat memberikan solusi terbaik dan paling efisien. Mengingat setuap perusahaan menggunakan subsistem yang berbeda dan memiliki tujuan yang tak serupa pula, di tahap ini Anda diharapkan dapat menulis secara mendetail kebutuhan bisnis apa saja yang ingin Anda dipenuhi dengan melakukan integrasi sistem.

2. Analisis Kelayakan

Apa yang Anda inginkan belum tentu sama seperti apa yang Anda butuhkan. Di tahap ini, setelah semua kebutuhan, spesifikasi, dan ekspektasi dicatat, analisis kelayakan akan dilakukan untuk menentukan kelayakan operasional. Kebutuhan Anda akan dianalisis dan diterjemahkan untuk mendukung pengambilan keputusan mengenai proses integrasi yang akan diterapkan pada sistem di perusahaan Anda.

3. Desain Arsitektur dan Pengembangan

Meskipun telah dijelaskan bahwa Integrasi Sistem dapat meningkatkan produktivitas dan alur kerja di perusahaan Anda, memastikan adanya konektivitas yang mulus antar komponen di perusahaan Anda seharusnya menjadi tujuan utama mengintegrasikan sistem. Untuk bisa mencapainya, desain arsitektur yang tepat mengenai bagaimana sistem seharusnya diintegrasikan ke dalam keseluruhan sistem harus direncanakan dengan baik, dan fondasi yang kuat harus dibangun untuk mengeliminasi semua resiko yang mungkin terjadi. Biasanya, bluepr//int untuk rencana integrasi yang terdiri dari usulan rencana arsitektur dibuat untuk membantu kedua pihak baik Anda sebagai klien maupun perusahaan system integrator memvisualisasikan proses integrasi yang akan dijalankan.

4. Rencana Pengelolaan

Setelah rencana lengkap untuk proses integrasi disetujui dan dirilis, tahap selanjutnya adalah membuat rencana pengelolaan atau management plan. Rencana pengelolaan biasanya terdiri dari kalkulasi faktor risiko, rencana eksekusi proyek, daftar alternatif, dll.

5. Desain Integrasi Sistem

Berikutnya, adalah Desain Sistem Integrasi, yang mungkin merupakan tahapan terpanjang dan paling menantang dari proses Integrasi Sistem. Integrasi yang sebenarnya dilakukan, padanan fisik yang logis dari desain arsitektur pun dibuat. Tahapan ini terdiri dari berbagai proses seperti desain pendahuluan, desain terperinci, tes sistem, dll.

6. Implementasi

Setelah siap, sistem akan diverifikasi dan dites secara menyeluruh. Bugs dan eror yang ditemukan pada sistem akan diperbaiki sebelum menjalani operational testing lain untuk memastikan tidak ada eror pada produk yang akan dirilis. Setelah itu, sistem yang telah terintegrasi akan di-deploy dan siap untuk digunakan oleh pegawai Anda. Tahap implementasi mungkin akan memakan waktu karena untuk bisa merasakan hasil dari proses implementasi yang telah dilakukan, Anda harus memastikan setiap orang di tim Anda bisa mengoperasikan sistem dengan tepat.

7. Evaluasi dan Pemeliharaan

Di tahap terakhir proses integrasi sistem, fungsi-fungsi dari sistem yang sudah diintegrasi akan diperiksa secara menyeluruh. Jika kemudian ditemukan gangguan pada operasional atau fitur yang tidak berfungsi, komponen yang belum lengkap bisa diperbaiki, ditambahkan, atau dimodifikasi. Tahapan ini terdiri dari pemeriksaan, pemeliharaan, modifikasi, dan peningkatan kualitas komponen. Dibanding solusi yang dijual bebas di pasaran, kelebihan dari mengintegrasikan sistem Anda dengan bantuan system integrator profesional adalah solusi yang Anda dapatkan akan mampu bekerja secara baik mengikuti kebutuhan spesifik perusahaan Anda bahkan setelah dirilis.

 

Baca juga: Sebelum Melakukan Integrasi Sistem Part. 1: Apa itu Integrasi Sistem?

System Integrator

System Integrator terbaik di Indonesia

Dengan bertahun-tahun pengalaman yang kami miliki, Bridge Technology Service (BTS.id) adalah ahli di bidangnya. Bersama kami, kebutuhan Anda akan dipenuhi oleh ahli-ahli terbaik yang kami miliki. Rancang dan wujudkan mimpi Anda bersama System Integrator Bandung Bridge Technology Services.

 

Kapabilitas integrasi kami, antara lain:

– Progressive web app

– Realtime db

– Message Queue

– Service Bus

– Web-services

– Custom web controls

– Automatic Task Creation

– SAP Integration

– Payment Gateway

– Push Notification

– LDAP

– Websocket

– Mail Service integration

– SSO

– Enterprise Resource Planner

– Offline First Mobile App

– Dynamic Form

– Docker

– Unit Test

– OTP

– File Transfer/FTP

– Faas

– Saas

 

Kami juga menyediakan berbagai service, misalnya:

– Application systems plan, design, and implementation.

– Enterprise software package implementation, extension, and customization.

– Enterprise Application Integration

– Management training and change

– Knowledge transfer

– Ongoing systems and applications management and maintenance

– Scrum Based

– Manage cloud server On AWS

– Manage cloud server on AGP

– Migration data to system

– Hotfix

 

Dengan bertahun-tahun pengalaman mengintegrasikan perangkat lunak, seperti:

– Data Warehousing

– docker

– Kubernetes

– data analytics

– Java Virtual Terminal

– Cron Job

– JVM

– Geofencing

– Zipk in

– Prometheus

– Key cloak

– Microservice

– Generate Document Dynamically

– Dashboard Grafana

– Sonar Qube

– Connecting Core Banking

– Connecting API

– Dynamic Table Creation

– Dynamic Document consolidate report

– ETL

 

Sedang mencari perusahaan integrasi sistem terbaik yang dapat memberi solusi integrasi terbaik untuk perusahaan Anda? Hubungi kami:

error: Content is protected !!
Back To Top