skip to Main Content
Sebelum Melakukan Integrasi Sistem Part. 2 : Bagaimana Dan Mengapa Integrasi Sistem?

Sebelum Melakukan Integrasi Sistem Part. 2 : Bagaimana dan Mengapa Integrasi Sistem?

Metode Integrasi Sistem – Di artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang System Integration: apa itu integrasi sistem dan bagaimana integrasi sistem bisa membantu bisnis Anda. Singkatnya, System Integration atau Integrasi Sistem adalah proses menghubungkan beberapa komponen independen, misalnya sistem IT, agar dapat saling berkomunikasi satu sama lain dan berfungsi sebagai satu sistem yang terkordinasi.

Di artikel kali ini, kita akan mengupas lebih dalam mengenai metode-metode Integrasi Sistem, dan apa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan mengintegrasikan sistem Anda.

 

Metode Sistem Integrasi

Menurut Moore, system integrator bekerja mengintegrasi sistem menggunakan beberapa teknik seperti computer networking, integrasi aplikasi enterprise, manajemen proses bisnis, atau manual programming.

Integrasi Sistem biasa dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan bisnis Anda menggunakan teknologi terbaru. Dapat diimplementasikan dengan beberapa cara yang diklasifikasikan menurut karakteristiknya, di antaranya:

Integrasi Vertikal (Vertical Integration)

Dengan integrasi vertikal, sub-sistem diintegrasikan menurut fungsinya dengan menciptakan entitas fungsional yang disebut ‘silo’. Sistem ini menciptakan silo dimulai dari fungsi dasar dan membangun setiap lapisan dan elemen secara vertikal (ke atas). Metode ini adalah metode integrasi paling dasar dan paling murah dan hanya melibatkan beberapa vendor, mitra, dan pengembang di awal, namun menjadi semakin mahal dari waktu ke waktu karena untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang lebih luas, silo baru harus dibuat. Menggunakan kembali sub sistem untuk membuat fungsionalitas lain tidak dimungkinkan.

 

Integrasi Horizontal (Horizontal Integration)

Dengan metode integrasi horizontal, subsistem khusus diciptakan untuk menjembatani komunikasi antara subsistem lain dan memastikan bahwa hanya ada satu interface untuk berkomunikasi di antara subsistem. Kelebihan metode ini adalah setiap subsistem dapat digantikan dengan subsistem lain tanpa mempengaruhi subsistem yang ada, menggunakan data dan interface yang sama sekali berbeda. Selain dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan integrasi, kelebihan ini juga berarti fleksibilitas tingkat tinggi yang memungkinkan penggantian satu subsistem dengan subsistem lain yang memiliki fungsi serupa namun menghasilkan interface yang berbeda.

Integrasi Bintang atau Integrasi Spaghetti (Star Integration or Spaghetti Integration)

Metode point-to-point ini menghubungkan masing-masing sistem ke beberapa subsistem, membuat diagram yang dihasilkan terlihat seperti bintang. Namun, semakin banyak subsistem, semakin banyak koneksi yang diciptakan, dan sistem yang semakin besar akan terlihat seperti sepiring spaghetti. Mengelola sistem yang rumit dengan metode ini tidak mudah karena setiap perubahan dalam sistem akan berpengaruh pada subsistem yang terhubung. Meski demikian, dari segi fitur, metode ini lebih banyak dipilih karena fleksibilitas yang tinggi untuk penggunaan ulang fungsi-fungsi yang ada.

 

Integrasi Format Data Umum (Common Data Format Integration)

Integrasi sistem data yang berbeda biasanya membutuhkan transformasi data, yang berarti data yang dihasilkan satu sistem harus diubah menjadi format data berbeda yang digunakan oleh sistem penerima.

Dengan metode ini, sebuah format umum dibuat untuk menghindari ketergantungan pada adaptor yang dapat menerjemahkan berbagai format aplikasi menggunakan sistem intergrasi aplikasi perusahaan (EAI atau Enterprise Integration Application). Sistem integrasi aplikasi perusahaan (EAI) biasanya menetapkan format data aplikasi-independen. Layanan transformasi data untuk membantu konversi antara format spefisik aplikasi dan format umum biasanya dilakukan dalam dua langkah: adaptor mengubah informasi dari format aplikasi ke format umum bus. Selanjutnya, penerapan transformasi semantik (misalnya, mengubah kode pos ke nama kota, membelah/menggabungkan objek dari satu aplikasi menjadi objek di aplikasi lain, dll)

 

Keunggulan Integrasi Sistem

Integrasi sistem bisa jadi kunci kesuksesan perusahaan Anda. Tidak hanya melancarkan konektivitas data, mengintegrasi sistem di perusahaan Anda juga dapat mengurangi kemungkinan error, dan meningkatkan baik alur kerja internal organisasi maupun daya saing perusahaan Anda di pasaran. Dengan mengintegrasi sistem di perusahaan Anda, Anda dapat:

– Meningkatkan visibilitas real-time yang memungkinkan Anda untuk mengakses informasi terbaru. Departemen yang tidak saling terintegrasi dapat membuat akses informasi memakan waktu yang lama, itu pun dengan informasi yang belum tentu akurat. Integrasi sistem dapat meminimalisir resiko yang ditimbulkan informasi yang terlambat dan tidak akurat, juga memungkinkan Anda untuk membuat keputusan penting berdasarkan data-data tadi.

– Meningkatkan produktivitas karyawan dan efisiensi proses dengan adanya otomatisasi yang dapat menggantikan pekerjaan manual. Sebagai hasilnya, pegawai Anda dapat fokus pada tugas utama mereka alih-alih berulang kali meng-input data pada setiap subsistem berbeda yang digunakan oleh perusahaan. Mengintegrasikan sebagian besar proses di perusahaan juga dapat mengurangi kebutuhan akan lebih banyak pegawai.

– Meningkatkan penjualan dengan customer experience dan customer service yang lebih baik sebagai hasil dari konektivitas data di seluruh departemen. Dari sudut pandang pelanggan, konektivitas data memungkinkan mereka untuk melihat ketersediaan produk yang mereka cari, dan menyajikan proses berbelanja yang lebih mudah dan lancar. Dari sudut pandang pegawai, konektivitas data memungkinkan mereka untuk menjawab kebutuhan pelanggan dengan cepat.

– Menghemat waktu dan biaya dengan pengambilan keputusan yang lebih baik dan sistem otimatis yang memungkinkan Anda untuk fokus mencari pelanggan dan mengembangkan keterampilan baru yang nantinya dapat memberi Anda lebih banyak peluang untuk bertumbuh.

– Mengumpulkan data yang dapat bermanfaat untuk pengambilan keputusan berkat sistem terpusat yang dapat memberikan hasil yang lebih akurat.

 

Selanjutnya: Sebelum melakukan Integrasi Sistem Part. 3: Tahapan Proses Integrasi Sistem.

 

Cari tahu metode integrasi sistem mana yang cocok untuk perusahaan Anda. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan Bridge Technology Services (BTS.id). Hubungi kami:

Telp : (+62 22) 6614726
Email : info@bts.id

error: Content is protected !!
Back To Top