skip to Main Content
Sebelum Melakukan Integrasi Sistem Part. 1: Apa Itu Integrasi Sistem?

Sebelum melakukan Integrasi Sistem Part. 1: Apa itu Integrasi Sistem?

Saat mencari System Integrator terbaik di Indonesia yang dapat membantu Anda melakukan integrasi sistem, sangat penting untuk menemukan System Integrator yang mengerti visi dan misi Anda, serta dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis tanpa banyak kendala.

Bagaimanapun, untuk pekerjaan sepenting integrasi sistem dan proses bisnis perusahaan, Anda tentu ingin bekerja dengan partner andal yang dapat memberikan solusi terbaik, bukan?

Sejak berdiri di tahun 2008, selama bertahun-tahun, Bridge Technology Services (BTS.id) telah bekerja dengan berbagai jenis perusahaan dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagai Software House, kami telah membantu klien kami untuk mencapai tujuan bisnis melalui produk dan layanan perangkat lunak, business intelligence, big data, dan outsourcing sumber daya manusia berkualitas tinggi. Dengan pengalaman yang luas di berbagai sektor industri, kami melihat kebutuhan Anda melalui perspektif yang unik, menjadikan kami partner yang kompeten dan dapat diandalkan, serta sesuai untuk berbagai tantangan bisnis yang ada.

Kami selalu berusaha menjawab tantangan dengan sungguh-sungguh, sehingga saat klien kami bertumbuh, begitu juga perusahaan kami.

Kini, kami telah tumbuh menjadi full-service system integrator yang siap membantu perusahaan Anda bertransformasi secara digital. Dengan layanan yang komprehensif dari mulai konsultasi, analisis, perencanaan, hingga implementasi, Anda dapat mengandalkan kami untuk mengintegrasi sistem Anda tanpa kendala.

 

Mengapa Saya Membutuhkan Integrasi Sistem?

Saat bisnis Anda semakin berkembang, wajar jika kemudian kebutuhan akan system integrator juga bertambah. Awalnya, Anda mungkin berpikir bahwa membeli beberapa aplikasi secara terpisah akan lebih murah dan efektif dibanding membeli satu solusi yang utuh yang menyeluruh. Namun, saat protokol, format, dan teknologi kemudian berkembang dan aplikasi yang berbeda berkembang dengan cara yang berbeda pula, ekosistem dengan aplikasi-aplikasi yang tidak bisa bekerja sama  akan mengakibatkan kebingungan, duplikasi data, dan inkonsistensi di dalam sistem.

Pegawai Anda akan mulai kesulitan untuk bekerja secara efisien, yang akan berimbas pada kesejahteraan perusahaan.

Untuk mengatasi tantangan yang hadir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Misalnya, membeli perangkat lunak siap pakai (off the shelf), memesan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk kebutuhan perusahaan Anda (custom-made), atau mengintegrasi sistem-sistem yang telah Anda pakai selama ini (system integration), yang tidak saja lebih hemat dari segi biaya, namun dari segi waktu yang harus pegawai Anda habiskan untuk mempelajari sistem baru.

Tidak hanya krusial, integrasi sistem juga dapat memberi banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Meski demikian, sebelum merekrut system integrator untuk membantu Anda, cari tahu dulu apa itu integrasi sistem, dan bagaimana integrasi sistem dapat membantu bisnis Anda meraih kesuksesan

 

Apa itu Integrasi Sistem?

Secara sederhana, Integrasi Sistem adalah suatu proses menghubungkan berbagai komponen yang mulanya independen, agar dapat bekerja sebagai satu sistem utuhi. Sebagai solusi perangkat lunak, mengintegrasi sistem berarti menggabungkan beberapa sistem IT berbeda yang kebanyakan diproduksi oleh vendor yang berbeda pula, sehingga mereka dapat berkomunikasi satu sama lain dan bekerja secara fungsional sebagai satu kesatuan yang terkordinasi.

Membeli perangkat secara terpisah alih-alih mengembangkan satu sistem yang utuh dan menyeluruh memang akan terasa lebih murah dan mudah saat memulai bisnis. Anda juga mungkin ingin mulai dengan apa yang Anda butuhkan pada saat itu. Namun, saat bisnis Anda berkembang dan proses bisnis bertambah, kebutuhan akan sistem baru juga akan ikut meningkat, dan penambahan perangkat baru, meski lebih murah, bisa jadi berbahaya bagi bisnis Anda.

Sebagai gambaran, misalnya saja Anda memulai bisnis dengan beberapa sistem sederhana seperti perangkat lunak untuk akunting dan pembukuan. Seiring waktu berjalan, bisnis Anda pun semakin berkembang dan pelanggan Anda kian bertambah, dan tanpa bisa dihindari begitu pula dengan proses bisnis yang berlangsung di perusahaan. Di titik ini, Anda akan harus mengelola data yang lebih besar dan menambah lebih banyak sistem. Tanpa disadari, semakin banyak perangkat baru yang Anda tambahkan–untuk melacak inventori, data pelanggan, manajemen pesanan, dan lain-lain–yang akhirnya membuat arsitektur sistem Anda kusut dan proses bisnis menjadi tak efisien.

Hasilnya bisa ditebak: manajemen data yang tidak efisien, hilangnya produktivitas karena harus mengoperasikan banyak aplikasi berbeda, dan ketidakmampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan klien. Dengan mengintegrasi sistem di perusahaan Anda, Anda tidak perlu lagi meng-input data secara manual ke dalam masing-masing sistem. Lagipula, tidak semua program baru yang Anda beli akan cocok dengan sistem yang sudah ada di perusahaan Anda, dan semakin banyak program yang Anda tambahkan, akan semakin sulit untuk mengintegrasinya dengan workflow yang ada.

Integrasi sistem adalah proses yang rumit. Maka dari itu, untuk melakukannya, Anda akan membutuhkan bantuan system integrator–baik itu dalam bentuk perusahaan, atau sebuah tim yang berisi orang-orang yang ahli–untuk mengintegrasi sistem-sistem yang berlainan–baik itu perangkat keras, perangkat lunak, maupun sistem komunikasi–di perusahaan Anda.

 

Selanjutnya: Sebelum melakukan Integrasi Sistem Part. 2: Bagaimana dan Mengapa Integrasi Sistem?

 

Siap untuk melakukan integrasi sistem? Hubungi kami:

Telp: (+62 22) 6614726
Email: info@bts.id

error: Content is protected !!
Back To Top