skip to Main Content
Odoo Vs SAP Business One: Mana Yang Sebaiknya Dipilih?

Odoo vs SAP Business One: Mana yang sebaiknya Dipilih?

Odoo vs SAP Business One – Sebagai pelaku bisnis, tahukah Anda apa itu ERP? Sudahkah Anda mengimplementasikannya untuk bisnis Anda?

Enterprise Resource Planning atau ERP adalah suatu proses yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasi bagian-bagian penting bisnis dengan bantuan software aplikasi. Ada banyak software ERP yang bisa mengintegrasi proses bisnis dalam suatu perusahaan seperti purchasing, inventory, sales, marketing, finance, human resources, dll melalui satu sistem tunggal. Beberapa yang paling populer, misalnya, Odoo dan SAP.

Pertama kali dirilis pada tahun 1972, SAP adalah software ERP yang terdepan dalam menawarkan fitur pengelolaan bisnis yang canggih. Saat Odoo diluncurkan, SAP bahkan mendominasi mayoritas pasar pengguna software ERP.

Namun, apakah berarti SAP yang terbaik?

Implementasi ERP ke dalam bisnis adalah praktik yang mahal. Biaya yang harus Anda keluarkan baik saat pemasangan maupun pemeliharaan setelahnya tentu tidak sedikit. Karena itulah, dalam memilih software ERP terbaik, ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan seperti fitur, lisensi, harga, keamanan, hingga support yang akan Anda dapatkan di masa depan.

Mencari tahu fitur ERP apa saja yang bisnis Anda butuhkan juga tak kalah penting. Anda tentu tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk sesuatu yang belum Anda butuhkan, bukan?

 

Odoo vs SAP

Meskipun telah dianggap sebagai salah satu software ERP yang bisa mengimbangi fungsi dari SAP, ada beberapa hal yang membedakan Odoo dan SAP Business One. Di antara Odoo dan SAP, manakah yang lebih cocok untuk bisnis Anda? Cek perbedaan antara Odoo dan SAP di bawah ini:

 

Odoo Enterprise Resource Planning

Secara singkat, Odoo adalah aplikasi bisnis open-source untuk mengelola instrumen-instrumen bisnis seperti sales, CRM, manajemen proyek, gudang (warehouse), akunting, manufaktur, HR, dll. Dengan arsitektur MVC (Model-View-Controller) yang mantap, workflow yang fleksibel, GUI (graphic user interface) yang dinamis, dan integrasi sistem pelaporan yang bisa dikustomisasi, Odoo menawarkan modul-modul yang secara spesifik didesain untuk meningkatkan performa bisnis.

Odoo dapat di-deploy secara Cloud dan On-premise. Saat ini, Odoo telah dipakai oleh lebih dari 3.7 juta pengguna di lebih dari 120 negara, dan memiliki 1250 partner di seluruh dunia.

 

Odoo atau SAP?

Dari perbandingan yang disebutkan di atas, dapat kita lihat bahwa meskipun ditujukan untuk melayani pasar yang sama, Odoo vs SAP Business One memiliki beberapa perbedaan yang penting untuk Anda  tahu sebelum memutuskan software ERP terbaik untuk bisnis Anda.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, implementasi ERP dalam bisnis membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tidak hanya itu, Anda pun harus berkomitmen secara finansial dalam jangka waktu yang panjang. Karenanya, ada baiknya ERP dianggap sebagai investasi. Saat memilih software ERP terbaik, pastikan untuk mempertimbangkan nilai keberlangsungan dan kebermanfaatannya dalam jangka waktu yang panjang.

Baik Odoo maupun SAP Business One memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Odoo dengan karakteristik open-source-nya menjadikan software ini lebih mudah dijangkau oleh perusahaan-perusahaan kecil dan menengah. Fleksibilitas dan skalabilitas dari Odoo juga memberi banyak keuntungan bagi bisnis yang masih memiliki banyak ruang untuk berkembang. Bagaimanapun, Odoo adalah software yang masih ‘muda’ jika dibandingkan dengan SAP Business One.

Di sisi lain, SAP sebagai pemain lama di industri memiliki kelebihan berupa nama besar dan pengalaman bertahun-tahun yang pasti akan tercermin pada produk dan dukungan yang diberikan. Kekurangannya, harga SAP Business One lebih mahal dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diimplementasi dibanding Odoo.

 

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih software ERP. Kerumitan proses bisnis, sejauh mana kebutuhan bisnis Anda akan berfluktuasi, ukuran dan pertumbuhan bisnis, dan banyak lainnya. Untuk mendapatkan software ERP terbaik yang juga efisien secara biaya, Anda harus membuat keputusan berdasarkan kebutuhan utama bisnis Anda. Penting bagi Anda untuk memahaminya, sekaligus memilih vendor jasa implementasi Odoo terbaik dan berpengalaman.

 

Untuk vendor jasa implementasi Odoo terbaik Bandung,

Contact us:
Telp : (+62 22) 6614726
Email : info@bts.id

Odoo Adalah, Odoo Apps, Odoo Asset Management, Odoo Consultant, Odoo Indonesia, Odoo Installation, Odoo Integration, Odoo Review, Odoo Software, Odoo Technology

Contoh Software Erp, Erp Software, Erp Software Companies, Erp Software Ecommerce, Erp Software Education, Erp Software Indonesia, Erp Software Meaning, Erp Software Overview, Erp Software Small Business, Erp Software Tools, Erp Software Trends

error: Content is protected !!
Back To Top