skip to Main Content
Mengenal Odoo, Provider Software Aplikasi ERP Di Indonesia

Mengenal Odoo, Provider Software Aplikasi ERP di Indonesia

Sebagian orang mungkin belum mengenal, apa itu Odoo? Secara sederhana, Odoo adalah rangkaian aplikasi bisnis open source dengan berbagai fungsi manajemen seperti CRM (Customer Relationship Management), e-commerce, akuntansi, tagihan, manajemen inventori, manajemen gudang, manajemen keuangan, sales dan pembelian, manufaktur, hingga manajemen proyek. Dalam menjalankan semua fungsi tersebut, Odoo menerapkan sistem ERP atau Enterprise Resource Planning yang mengelola berbagai elemen bisnis secara terintegrasi melalui satu aplikasi.

Baca juga: Software ERP untuk Solusi Bisnis di Masa Depan.

Sesuai dengan visi perusahaan mereka untuk menciptakan aplikasi bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan yang rumit tanpa keruwetan, Odoo menawarkan efisiensi dan fleksibilitas melalui modul-modul yang dapat dirakit dan diimplementasi secara bertahap sesuai kebutuhan dan tantangan yang dihadapi perusahaan.

Karena bentuknya yang modular, perusahaan bisa memulai dengan beberapa modul utama. Modul-modul baru bisa ditambahkan dengan mudah di kemudian hari, sehingga aplikasi ini bisa dipasang menyesuaikan budget yang tersedia dan mengikuti perkembangan perusahaan. Odoo menawarkan solusi bisnis dalam dua versi: Odoo Community, yang bisa diakses secara gratis; dan Odoo Enterprise.

Odoo Community

Kekuatan Odoo ada pada keunikan produk akhir yang dihasilkan dari gabungan modul-modul yang tersedia. Ada sekitar 30 modul utama yang diperbarui secara berkala oleh in-house developers, dan 16.000 lebih modul yang dikembangkan oleh 2000 developer anggota komunitas.

Karena hal ini, fungsi yang ditawarkan Odoo terus berkembang dan membuat Odoo menjadi software aplikasi bisnis yang paling banyak di-install saat ini. Tidak diperlukan biaya lisensi untuk Odoo Community, yang berarti source code untuk modul-modul di versi ini bisa diakses dan di-install di hardware mana pun secara gratis. Perusahaan mungkin membutuhkan bantuan IT company terkemuka di Indonesia untuk memasang dan mengkustomisasi aplikasi ini untuk kepentingan perusahaan Anda.

Odoo Enterprise

Modul-modul pada Odoo Enterprise memiliki fitur yang lebih canggih dibanding modul serupa pada versi Community. Source code bisa diakses dengan membayar lisensi secara berkala.

Jika perusahaan Anda membutuhkan fitur-fitur ekstra seperti mobile version untuk kemudahan akses, full accounting support, atau e-commerce yang terkoneksi dengan perusahaan penyedia layanan shipping, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengadaptasi versi berbayar dari Odoo ini.

Modul Odoo

Beberapa modul yang tersedia di Odoo menurut masing-masing kategori:

Odoo Partner Indonesia

Odoo memiliki Head-Quarter yang berlokasi di Belgia. Mereka telah mengembangkan sayap dengan membuka kantor perwakilan yang tersebar di berbagai belahan dunia, yaitu Luxemburg, Dubai, Gujarat, Hongkong, New York, dan San Fransisco. Di Indonesia sendiri, Odoo memiliki partner-partner dan company IT terpercaya yang bisa membantu Anda mengembangkan aplikasi ERP ini untuk perusahaan Anda.

Contact us:

Telp : (+62 22) 6614726

Email : info@bts.id

error: Content is protected !!
Back To Top