skip to Main Content
Human Resource Management (HR) Dengan Software ERP

Human Resource Management (HR) dengan Software ERP

Infographic vector created by katemangostar – www.freepik.com

Human Resource Management (HR) dengan Software ERPMengelola Sumber Daya Manusia atau Human Resources (HR) dalam suatu perusahaan adalah salah satu aspek yang krusial. Semakin berkembangnya suatu perusahaan, semakin rumit pula tugas tim HR mengurus semua aktivitas kepegawaian. Bila tidak ditunjang oleh software pengelolaan bisnis yang mumpuni, pertumbuhan perusahaan ini malah akan memperlambat kinerja tim HR dengan semua pekerjaan manual yang harus mereka lakukan.

Baca juga: Software ERP untuk Solusi Bisnis di Masa Depan.

Implementasi sistem ERP pada perusahaan dapat membantu otomatisasi proses administratif pengelolaan pegawai seperti pembuatan laporan, kalkulasi gaji berdasarkan kinerja, maupun update data pegawai. Sistem ERP menyimpan semua data terkait kepegawaian dari berbagai departemen dalam satu database terpusat, sehingga staff HR tidak perlu lagi mengisi data pegawai setiap kali mengisi formulir.

Pengelolaan pegawai yang baik tidak hanya berdampak untuk kesejahteraan pegawai, tapi juga bisa merangsang budaya kerja sehat yang berkontribusi pada produktivitas perusahaan. 

Mencari, mengembangkan, dan mempertahankan orang-orang terbaik untuk mengisi posisi di perusahaan bukanlah hal yang mudah. Dalam suatu perusahaan, peran tim HR juga lah untuk menyusun aturan dan kriteria yang akhirnya membentuk kultur atau budaya dalam suatu perusahaan.

Bagaimana Sistem ERP Membantu Tim Human Resource Management Perusahaan Anda?

Istilah ERP yang dipopulerkan oleh Gartner Group adalah suatu proses menggabungkan seluruh departemen terkait dalam suatu organisasi atau perusahaan ke dalam sebuah sistem perangkat lunak yang terintegrasi. Jika diimplementasikan secara tepat, software ERP tidak hanya bisa meningkatkan efisiensi perusahaan Anda, tapi juga meningkatkan ROI (Return of Investment) secara signifikan.

Artikel Terkait: Software ERP Indonesia: Mengapa Anda Membutuhkannya?

Database yang Terintegrasi

Melalui satu database tunggal, sistem ERP dapat memfasilitasi seluruh departemen di perusahaan, termasuk departemen HR, untuk berkomunikasi dan bertukar informasi secara lebih efektif dan efisien.

Dari data pelamar (CV, dokumen, email, jadwal interview), hingga data pegawai yang bekerja untuk perusahaan(nama, nomor npwp, besaran upah, berapa jam mereka telah bekerja selama sebulan? Benefit apa saja yang mereka dapatkan?) semua tersimpan dalam satu database yang bisa diakses setiap saat oleh tim HR.

Menghemat Waktu

Otomatisasi pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual hanya berarti satu hal: pekerjaan bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.

Bagi tim HR yang juga harus mengurus administrasi dengan pihak lain seperti vendor penyedia layanan asuransi kesehatan dan payroll, efisiensi dalam melakukan pekerjaan berarti mereka bisa memiliki waktu lebih untuk fokus pada pekerjaan lain yang lebih penting.

Di perusahaan dengan skala yang lebih besar, terkadang jumlah staff HR juga tidak sepadan dengan banyaknya pegawai yang harus ditangani setiap harinya sehingga adanya sistem ERP akan membantu menghemat waktu dan tenaga secara signifikan.

Meningkatkan Akurasi

Semakin banyak data yang harus dikelola, semakin tinggi pula resiko terjadinya human error. Semakin banyak jumlah pegawai, staff HR harus semakin berhati-hati dalam melakukan input data jika tak ingin sakit kepala saat timbul masalah di kemudian hari.

Database terpusat yang disediakan software ERP tidak hanya memungkinkan data diakses dengan mudah, tapi juga akurat.

Dengan bantuan software ERP, staff HR tidak perlu lagi menulis ulang data pegawai setiap harus mengisi dokumen kepegawaian. Cukup meng-import informasi yang tersimpan di dalam database, dan sistem akan otomatis mengisi informasi yang dibutuhkan untuk Anda.

human resource management
Photo by @goumbik on Pexels

Meningkatkan Kualitas Pelaporan dan Analisis

Laporan dan analisis adalah tantangan divisi mana pun, tapi dengan banyaknya data yang harus dirangkum dan diolah, membuat laporan menjadi tantangan tersendiri bagi divisi HR. Belum lagi jika laporan harus dibuat secara mendadak.

Membuat laporan dan analisis bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya divisi HR, tapi juga divisi lain di perusahaan. Hanya saja, dengan banyaknya data pegawai yang harus dirangkum dan diolah, laporan dan analisis menjadi tantangan tersendiri bagi departemen HR.

Dengan software ERP, laporan bisa dibuat hanya dengan beberapa klik pada aplikasi. Dengan ini, tim HR bisa fokus melakukan analisis dan meninjau ulang metrik-metrik yang berkaitan dengan berbagai aspek di perusahaan sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan lebih baik.

Memastikan Kepatuhan Regulasi

Dengan sistem yang otomatis dan terintegrasi seperti software ERP, tim HR tidak perlu khawatir lagi terlewat hal penting yang berkaitan dengan regulasi seperti work permit (izin kerja) atau pemotongan pajak. Sistem akan mengirimkan notifikasi pada staff HR jika, misalnya saja, ada izin kerja pegawai yang akan segera berakhir.

Software ERP juga memungkinkan Anda untuk menghitung dan memotong secara otomatis pajak pegawai (PPh 21) setiap bulannya. Selain itu, sistem juga bisa merekam secara digital setiap aturan, prosedur, atau kesepakatan yang diterbitkan perusahaan sehingga pegawai akan selalu ter-update mengenai regulasi terbaru perusahaan.

Penerapan software ERP, selain memastikan regulasi dipatuhi dengan baik, juga merekam data dan detail setiap perubahan untuk keperluan audit di masa mendatang.

Untuk bisa menjalankan fungsi-fungsi di atas, sistem ERP dilengkapi dengan fitur-fitur yang biasanya ada pada modul Human Resource Management (HR) (Human Resource).

Selengkapnya: 6 Fitur Penting Software ERP untuk Manajemen Pegawai (HR)

Contact us:
Telp : (+62 22) 6614726
Email : info@bts.id

error: Content is protected !!
Back To Top