BTS.id

Bekerja di SME: Cara Cepat Menjadi Profesional bagi Fresh Graduate

Jika kamu fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, kesempatan untuk bekerja di corporate mungkin terasa sangat menggiurkan. Gedung perkantoran bertingkat, gaji dan tunjangan yang tinggi, dan nama besar perusahaan yang bakal kelihatan mentereng di profil Linkedin maupun CV-mu.

Namun, pilihan kamu tidak terbatas di corporate saja, lho! Beberapa tahun belakangan ini, popularitas startup dan SMEs atau small to medium-sized enterprises sebagai tempat ideal untuk bekerja kian meningkat. Menurut survey kepuasan kerja yang dilakukan Linkedin, hampir setengah (45%) responden yang bekerja untuk SMEs merasa ‘sangat’ atau ‘benar-benar’ puas dengan pekerjaan mereka.

Bekerja di perusahaan yang lebih kecil akan memberikanmu kesempatan untuk berkarir lingkungan yang dinamis dan berkembang. Sementara di corporate, kamu akan dituntut untuk mengikuti suatu sistem yang matang dan terstruktur.

Tentu saja, baik corporate maupun SMEs memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pertanyaannya, manakah yang lebih cocok dengan preferensi dan rencanamu dalam berkarir ke depannya?

 

Bekerja di SMEs: Mengapa tidak?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, corporate atau bisnis besar biasanya menawarkan keuntungan seperti gaji besar, gedung perkantoran mentereng, dll. Namun, jika kamu fresh graduate dan ingin berkembang secara pribadi maupun profesional, SMEs adalah tempat yang tepat.

Secara umum, dilihat dari skala perusahaan, small to medium-sized enterprises atau SME adalah perusahaan dengan jumlah pegawai tidak lebih dari 250 orang.

Di perusahaan dengan skala yang lebih kecil, potensi dan value setiap karyawan bisa lebih terlihat. Hal ini menghasilkan beberapa manfaat bekerja di SMEs dibanding corporate atau perusahaan yang lebih besar.

Sebelum memutuskan tempat kerja yang cocok denganmu, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa kelebihan bekerja di SME di bawah ini:

1. Kesempatan mengembangkan skill

Bekerja di perusahaan yang lebih kecil berarti kamu harus siap untuk mengatasi berbagai macam pekerjaan, termasuk yang berada di luar deskripsi awal pekerjaanmu. Bekerja menangani berbagai proyek akan memberimu pemahaman yang lebih jelas mengenai pekerjaanmu dan bisnis secara keseluruhan, sekaligus kesempatan untuk mengembangkan skill atau kemampuan melalui hands-on experience atau pengalaman langsung.

 

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

2. Lingkungan kerja yang fleksibel

Meskipun tanggung jawab dan deskripsi pekerjaanmu akan lebih besar, namun SME menawarkan lingkungan santai dan fleksibel yang bisa membuat kamu lebih nyaman dalam bekerja. Jam kerja yang lebih fleksibel, bahkan pakaian yang lebih santai untuk bekerja.

 

3. Dampak yang lebih besar untuk perusahaan

Dengan jumlah karyawan yang tidak sebanyak corporate, bekerja untuk bisnis yang lebih kecil berarti kamu akan menjadi bagian integral dari perusahaan. Sekecil apapun kontribusi yang kamu diberikan akan memberi dampak dan pengaruh yang lebih signifikan untuk perusahaan, dan ide-idemu akan mendapat kesempatan yang lebih besar untuk didengar. Setiap pegawai juga memainkan peran penting untuk kesuksesan tim.

 

Image by rawpixel from Pixabay

4. Hierarki dan birokrasi yang lebih pendek

Sehingga kamu akan memiliki kesempatan untuk bekerja langsung dengan pegawai senior dan dan belajar langsung dari CEO dan top manajemen. Budaya kerja perusahaan kecil yang jauh lebih fleksibel tidak hanya membuat komunikasimu dengan rekan kerja menjadi lebih mudah, tapi juga komunikasi dengan atasan menjadi lebih santai, sehingga kamu bisa bertukar pikiran dan belajar langsung dari para pendiri perusahaan tempat kamu bekerja.

 

5. Kesempatan yang lebih luas untuk berkarir

Saat memilih tempat ideal untuk bekerja, salah satu yang pasti kamu pertimbangkan adalah kesempatan untuk berkarir. Berapa lama harus bekerja sampai bisa naik posisi? Dengan jumlah karyawan yang tidak sebanyak corporate, bekerja di SME atau small to medium-sized enterprises akan memberimu kesempatan yang lebih besar untuk berkarir.

Saat bekerja, adalah wajar jika gaji dan benefit yang kamu dapat berbanding lurus dengan tanggung jawab yang kamu miliki. Bekerja untuk perusahaan yang lebih kecil, kemungkinan gajimu tidak akan sebesar jika kamu bekerja di perusahaan besar atau corporate. Namun, dengan aturan promosi yang tidak seketat corporate, kamu bisa saja naik jabatan dalam hitungan bulan jika performance-mu dianggap baik oleh perusahaan, yang tentu saja akan berpengaruh pada benefit yang kamu dapatkan.

 

Photo by Brooke Cagle on Unsplash

6. Kenal semua orang

Lingkungan yang lebih kecil dengan pegawai yang lebih sedikit memungkinkan kamu untuk kenal semua orang, dari mulai pegawai hingga bahkan client. Dengan budaya kerja yang berorientasi pada pegawai, hubungan antar anggota tim juga akan lebih erat. Selain itu, pemahaman dan transparansi di dalam pekerjaan juga akan lebih besar.

Dibanding corporate, perusahaan yang lebih kecil biasanya lebih peduli dan cenderung menciptakan atmosfir yang bisa mendorong pertumbuhan atau perkembangan pegawai-pegawainya.

 

Kemampuan apa saja yang dicari oleh SMEs?

Untuk bisa mengimbangi dinamika tersendiri dari bekerja di SME, pastikan kamu memiliki kemampuan-kemampuan di bawah ini:

– Motivasi yang tinggi dan proaktivitas

– Keinginan untuk belajar

– Kemampuan menyelesaikan masalah atau problem solving dan fokus pada solusi

– Fleksibilitas

– Inisiatif

– Kemampuan berkomunikasi yang baik

Teamwork atau kemampuan bekerja sama dengan tim

– Kemampuan manajemen (waktu, pekerjaan, dll)

 

Bekerja di BTS.id – Bridge Technology Services

Jika kamu merasa cocok dan ingin bekerja di perusahaan SME (small to medium-sized enterprises), ada beberapa alasan mengapa BTS.id adalah tempat yang tepat:

1. Pengembangan karir yang jelas

Sama seperti kebanyakan SMEs, BTS.id juga memberi kamu kesempatan yang luas untuk berkarir. Jika kamu dinilai memiliki prestasi kerja yang baik, karirmu bisa saja meningkat dalam hitungan bulan. Peningkatan karirmu akan berbanding lurus dengan performamu saat bekerja. Namun, perlu diingat juga bahwa semakin tinggi posisimu di kantor, semakin besar pula tanggung jawab yang akan kamu emban.

Di BTS.id, pengembangan karirmu akan diperhatikan. Perusahaan akan membantu kamu untuk merencanakan masa depanmu dalam berkarir dan mengembangkan diri secara optimal.

 

Photo by Helloquence on Unsplash

2. Peningkatan skill yang cepat

Ingin meningkatkan skill dengan terjun langsung ke dalam real project? BTS.id bisa memberimu kesempatan itu. Seperti yang disebutkan di atas, bekerja untuk bisnis kecil mengharuskanmu untuk siap berbagai macam tugas.

Jika kamu belum memiliki pengalaman maupun kemampuan untuk mengerjakannya, tenang saja. Kamu akan didorong dan difasilitasi untuk belajar hingga kamu bisa menguasai keahlian tertentu dan meng-handle project secara penuh.

 

3. Lingkungan kerja yang fun

Salah satu perbedaan mencolok antara SME dan corporate adalah perusahaan yang lebih kecil memiliki lingkungan kerja yang cenderung lebih santai dibanding corporate. Tidak terkecuali di BTS.id. Selain lingkungan kerja yang menyenangkan dan jam kerja yang lebih flexible dibanding corporate, perusahaan juga tidak mewajibkan kamu untuk memakai seragam dan pakaian formal saat bekerja.

 

Baca juga: Software House Indonesia by Bridge Technology Services.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Kerja di SMEs?

Tidak seperti perusahaan besar atau corporate, kamu mungkin akan jarang menemukan lowongan kerja SME di job fair di universitas-universitas di kotamu. Untungnya, sekarang sudah banyak website portal pencarian kerja seperti Jobstreet (www.jobstreet.co.id) dan Jobs ID (www.jobs.id) yang bisa mempermudah pencarian kerja kamu.

Selain itu, website perusahaan seperti website BTS.id – Bridge Technology Services juga biasanya memuat info lowongan kerja yang sedang dibuka perusahaan. Tertarik untuk bekerja di perusahaan SME? Cek lowongan kerja perusahaan IT bandung.

 

Kelebihan Sme

Sme Professional

Fresh Guard Artinya

Outsourcing Your IT Support: Pros and Cons

Jika kamu fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, kesempatan untuk bekerja di corporate mungkin terasa sangat menggiurkan. Gedung perkantoran bertingkat, gaji dan tunjangan yang tinggi, dan nama besar perusahaan yang bakal kelihatan mentereng di profil Linkedin maupun CV-mu. Namun, pilihan kamu tidak terbatas di corporate saja, lho! Beberapa tahun belakangan ini, popularitas startup dan SMEs atau small to medium-sized …

Managed Services, Solusi Pintar untuk Bisnis Anda

Jika kamu fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, kesempatan untuk bekerja di corporate mungkin terasa sangat menggiurkan. Gedung perkantoran bertingkat, gaji dan tunjangan yang tinggi, dan nama besar perusahaan yang bakal kelihatan mentereng di profil Linkedin maupun CV-mu. Namun, pilihan kamu tidak terbatas di corporate saja, lho! Beberapa tahun belakangan ini, popularitas startup dan SMEs atau small to medium-sized …