skip to Main Content
1C Vs SAP: Battle Software ERP Untuk Large Enterprises

1C vs SAP: Battle Software ERP untuk Large Enterprises

1C vs SAP: Battle Software ERP untuk Large Enterprises – Saat mencari solusi untuk menangani rumitnya proses bisnis di perusahaan besar atau large enterprises, Anda akan dihadapkan pada banyak pilihan software ERP. Berdasarkan kelasnya, di tier 1 yang mana berisi software-software ERP untuk large business, ada SAP dan Oracle yang juga menjadi dua software yang mendominasi pangsa pasar produk ERP.

Meskipun baik SAP maupun Oracle mengklaim bahwa solusi mereka bisa digunakan oleh semua bisnis yang ingin berkembang tanpa pandang ukuran, kenyataannya, biaya untuk mengimplementasikan SAP dan Oracle yang sangat tinggi membuat keduanya tidak saja terbatas untuk perusahaan besar atau large enterprises saja, tapi juga untuk perusahaan besar dengan budget IT yang besar pula.

Jika Anda mencari software ERP yang cocok untuk bisnis berkembang dalam berbagai ukuran namun dengan harga yang lebih bersahabat, 1C:ERP bisa menjadi alternatif ERP terbaik untuk bisnis Anda.

 

Apa itu 1C:ERP?

1C:ERP adalah software ERP (Enterprise Resource Planning) yang dikembangkan oleh 1C Company, perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam mengembangkan, mendistribusikan, merilis, dan memberikan dukungan software. Software nomor 1 di Rusia ini dapat menjadi solusi bagi bisnis dalam berbagai skala. Baik itu small, mid, maupun large-scaled enterprises.

Solusi lain yang dikembangkan oleh 1C Company adalah 1C:Enterprise, yang merupakan suatu sistem otomatisasi bisnis (ERP) yang dapat meningkatkan efisiensi suatu organisasi. 1C:Enterprise dapat mengotomatisasi berbagai aktivitas bisnis dalam suatu perusahaan seperti akunting manajemen, akunting bisnis, manajemen HR, CRM, SRM, MRP, dan lainnya. Sistem 1C:Enterprise 8 terdiri dari 2 bagian: sebuah framework yang terintegrasi (aka ‘1c:Enterprise 8 platform’) dan serangkaian solusi terapan yang dibuat dan dieksekusi di dalam framework.

1C:Enterprise merupakan sistem yang berbentuk open-source dan highly customizable, yang berarti dapat dimodifikasi untuk mengikuti proses bisnis tertentu dari suatu perusahaan. Solusi ini juga populer karena fleksibilitasnya untuk beradaptasi pada lingkungan On-Premise, Cloud, dan Mobile.

Saat ini, 1C:ERP telah digunakan oleh lebih dari 1.5 juta pelanggan di lebih dari 95 negara. Memiliki lebih dari 5 juta pengguna (user) dan 7.700 partner di seluruh dunia.

Baca Juga : Odoo vs Sap Business One Mana yang Sebaiknya dipilih?

 

1C:ERP vs SAP

Dalam memilih software ERP terbaik untuk bisnis, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu kriteria dan fitur software ERP apa sajakah yang perusahaan Anda butuhkan. Setelah itu, Anda tinggal mencocokkannya dengan spesifikasi setiap produk untuk mencari tahu software manakah yang bisa mengelola bisnis Anda secara lebih efisien.

Meskipun belum terlalu populer di Indonesia, 1C:ERP menawarkan fitur dan fungsi yang tidak kalah jika dibandingkan dengan produk-produk lain yang telah mendominasi pasar ERP di Indonesia. Sebagai perbandingan, simak beberapa perbedaan antara 1C:ERP dan SAP sebagai produk ERP dengan market share terbesar di Indonesia di bawah ini:

 

Modul-Modul

Beberapa perbedaan antara modul-modul 1C:ERP dan SAP ERP di antaranya:

Berinvestasi dengan software ERP

Implementasi sistem ERP dalam bisnis merupakan suatu bentuk investasi yang dapat meningkatkan efisiensi waktu dah biaya. Berinvestasi pada software ERP dapat membantu binis meningkatkan performa dan mengautomatisasi proses-proses tertentu dalam sebuah organisasi. Menurut alliedmarketresearch, pasar ERP diperkirakan akan bernilai hingga $41.69 pada tahun 2020.

Ada beberapa alasan yang mendasari implementasi software ERP pada suatu bisnis:

cr: hackernoon

 

Dari statistik di atas, dapat kita lihat bahwa tiga alasan tertinggi suatu perusahaan mengimplementasikan ERP adalah untuk meningkatkan performa bisnis, mempersiapkan perusahaan untuk berkembang, dan mengurangi modal kerja.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan jika berinvestasi dengan software ERP, di antaranya:

 

Meningkatkan Produktivitas & Kualitas Akunting

Menginput data bisa jadi sangat membosankan. Menurut laporan yang dirilis Smartsheet, 40% pekerja menghabiskan seperempat minggu mereka untuk mengerjakan tugas yang repetitif. Seiring dengan pertumbuhan bisnis, tingkat kerumitan transaksi dan finansial juga akan bertambah. Dengan sistem yang terpusat seperti Enterprises Resouce Planning, pekerjaan-pekerjaan yang rumit dan membosankan tersebut dapat diautomatisasi. Sistem ERP juga dapat melacak transaksi bisnis yang Anda lakukan sehingga pegawai Anda tak perlu menginput data berulang kali, dan terhindar dari kemungkinan human error.

Benefitnya, pegawai Anda bisa menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas kerja. Plaform yang terpusat juga akan meningkatkan transparansi dan aksesibilitas dari data operasional.

 

Meningkatkan Kualitas Analitik dan Pelaporan

Salah satu kelebihan yang ditawarkan software ERP adalah database terpusat yang bisa mempermudah pertukaran informasi antar departemen. Namun, tidak hanya itu saja, database yang terpusat juga bisa meningkatkan kualitas analitik dan pelaporan bisnis Anda. Laporan yang biasanya dibuat dalam beberapa hari dapat diselesaikan dalam hitungan menit menggunakan software ERP.

Dengan software ERP, pelaporan atau reporting dapat dilakukan melalui dashboard yang dapat dikustomisasi. Selain kemudahan dalam meng-generate laporan, dashboard juga membuat laporan dapat diakses dengan cepat. Petinggi perusahaan bisa log in ke dalam sistem dan mengakses laporan dalam beberapa klik, kapan saja dan di mana saja. Dari laporan pemasukan hingga pengeluaran, Anda bisa mendapatkan insight yang lebih baik sebelum mengambil keputusan untuk bisnis Anda.

 

Menghemat Biaya

Implementasi ERP pada perusahaan memang membutuhkan biaya yang tidak murah. Tak heran jika banyak pemilik bisnis masih menyangsikan nilai investasi dari software ERP dan menganggap bahwa keuntungannya tidak akan sebanding dengan biaya pemasangan dan pemeliharaan yang tinggi. Namun, benarkah? Sebaliknya, jika Anda berencana memperluas bisnis, implementasi ERP malah bisa meningkatkan ROI atau Return of Investment perusahaan Anda. Biaya training pegawai juga bisa dihemat karena Anda juga tidak perlu melatih pegawai Anda untuk mengoperasikan beberapa sistem yang berbeda.

 

Standardisasi Software

Alih-alih menggunakan software yang berbeda untuk masing-masing fungsi bisnis, software ERP dapat mengintegrasi berbagai proses dan sistem yang tercerai-berai di perusahaan Anda. Pegawai Anda tidak perlu lagi mencari ke berbagai sumber terpisah untuk mendapatkan informasi, dan bisa langsung mengakses informasi yang dibutuhkan dengan mudah melalui satu sistem yang terpusat.

 

Menurut survey yang diadakan themarlincompany, miskomunikasi menyebabkan bisnis kecil mengalami kerugian hingga $420.000 sementara perusahaan besar hingga $62.4 juta per tahun. Selain itu, rata-rata pegawai juga kehilangan 40 menit produktivitas setiap hari.

Sebuah sistem ERP dapat membantu Anda mengatasi permasalahan di atas. Menurut laporan yang dirilis Aberdeen Group, implementasi ERP pada perusahaan dapat memangkas biaya operasional hingga 14%, biaya administratif hingga 13%, dan meninisiasi peningkatan di berbagai area bisnis.

 

cr: hackernoon

 

Banyak bisnis gagal melatih dan memberi persiapan yang memadai pada pegawai mereka untuk menerima sistem baru, yang kemudian mengurangi kesuksesan dari nilai investasi yang dibawa oleh software ERP. Lakukan research, ketahui apa yang perusahaan Anda butuhkan saat ini dan di masa mendatang, dan pastikan bahwa produk ERP yang Anda pilih adalah yang paling menguntungkan untuk bisnis Anda.

 

1C atau SAP?

Seperti yang telah disinggung, sebelum memilih software ERP terbaik, pastikan Anda mencari tahu tentang kebutuhan bisnis Anda. Untuk perusahaan berkembang yang membutuhkan sistem ERP yang lebih fleksible, scalable, fitur yang lengkap namun dengan biaya yang lebih rendah, maka 1C:ERP adalah pilihan terbaik. Namun untuk perusahaan besar yang menginginkan best practice dan memiliki budget IT yang besar, SAP ERP mungkin bisa menjadi opsi yang lebih sesuai.

Ingin mencari tahu lebih jauh mengenai 1C:ERP untuk bisnis Anda?

 

Contact us:
Telp : (+62 22) 6614726
Email : info@bts.id

 

1c Enterprise Vs Sap, 1c Erp Vs Sap, 1c Vs Sap

1c Enterprise Erp, 1c Erp Russia

Erp Vs Sap

Sap Erp, Sap Erp Software

Perbandingan Software Erp

error: Content is protected !!
Back To Top